Demo Site

Sabtu, 09 Agustus 2008

Webcam laptop dengan menggunakan camera handphone


"webcam laptop dengan fitur camera handphone"


Jangan bingung kalo mau chatting dengan teman, atau pacar kamu nkali ;) di Yahoo! Messenger, Skype, atau program chatting lainnya. Kalo kamu punya HP dengan fitur kamera yang terintegrasi, dan menggunakan sistem operasi Symbian ( punya temen juga boleh dipakai, kalo temen kamu ngga marah2! :D ), gunakan aja HP tersebut buat webcam saat chatting.

Perangkat yang digunakan antara lain : HP dengan fitur kamera yang sudah ada ( OS Symbian ), kabel data DKU-2 ( karena gw test pakai HP Nokia 3230 ), PC/Laptop, dan tools aplikasi Mobiola Webcam. USB v.1.0. Untuk program aplikasi chatting, gw anggap sudah ada ( YM ).

Langkah pertama, install dulu driver kabel data DKU-2 di PC/Laptop. Kemudian install aplikasi Mobiola Webcam USB v.1.0 di PC/Laptop ( exe ), dan install aplikasi Mobiola Webcam USB v.1.0 di HP ( sis ). Kalau sudah oke, koneksikan aja HP dengan menghubungkan kabel data ke PC/Laptop.

webcam_5.jpg

Kemudian di HP buka aplikasi Mobiola Webcam tsb, demikian juga di PC/Laptop. Pilih Connection dan jika sudah terhubung secara benar, maka kamera HP akan berubah menjadi Webcam di PC/Laptop. Lalu tinggal setting aja program aplikasi buat chatting yang digunakan ( default Yahoo! Messenger ya! ). Nggak terlalu sukar bukan, untuk di-oprek2? :D

webcam_1.jpg webcam_2.jpg

webcam_3.jpg webcam_4.jpg

Nah, sekarang sudah bisa chatting sepuasnya sambil menggunakan Webcam pakai HP kan! ;)

Tidak ada komentar: